-->

Ads 720 x 90

Video Wayang Kulit Dengan 3 Dalang




Video ini direkam dari TV Indosiar pada awal Januari 1996 dengan lakon ASMORO BUMI oleh 3 dalang kondang yang masih satu keluarga yaitu : Ki Anom Suroto, Ki Warseno Slenk (adik) dan Bayu Aji Pamungkas (anak) dimana pada waktu itu Bayu masih berusia 11 tahun (Kelas 6 SD).

Acara diselenggarakan dalam rangka merayakan ulang tahun yang pertama TV Indosiar dengan menggelar kesenian budaya daerah selama 36 hari berturut-turut yang dipusatkan diwilayah Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. 

Rekaman Asmoro Bumi ini digelar di pendopo Kabupaten Sukoharjo yang dihadiri oleh Bupati Sukoharjo Bp. Ir. (Arsitek) Tejo Suminto atau dikenal dengan sebutan Mas Tetet beserta jajaran, para undangan dan masyarakat setempat tentu saja.
Pada malam itu panitia menghidangkan konsumsi untuk para undangan dengan hidangan khas Solo yaitu Nasi Liwet yang disajikan dengan "pincuk" ("piring" dari daun pisang) dan selama pertunjukan juga disediakan Jamu Gendong dengan penyajian seperti aslinya, yaitu dengan menempatkan jamunya di bakul gendong dan dilayani langsung oleh Mbok Jamu. Acara dan suasana oleh panitia dibuat sedemikian rupa!

Pagelaran kebetulan jatuh pada tanggal 31 Desember 1995 sehingga acara ini juga sekaligus untuk merayakan Malam Tahun Baru 1996, pada awal Goro-Goro sempet diadakan acara meniup terompet secara bersama oleh khususnya para waranggana.

Adapun waranggana dan wiraswara pendukung pagelaran ini boleh dibilang cukup melimpah antara lain oleh waranggana tetap dari Ki Anom Suroto sendiri yaitu :
1. Ibu Sumiyati (Sragen)
2. Ibu Darsini (Sragen) 
3. Ibu Niken Sulastri (Sragen)
4. Ibu Dewi Marhaeningsih (Klaten)
5. Ibu Rosiyati (Grobogan, Purwodadi)

Waranggana/wiraswara tambahan (masih dari Ki Anom Suroto juga) yaitu :
1. Ibu Suyatmi (Boyolali), seorang waranggana senior mantan waranggana Ki Nartosabdho.
2. Ibu Endang Sulastri (Ngawi)
3. Mas Suyarto (Bubakan, Girimarta, Wonogiri), seorang pria yang fasih melantunkan suara wanita.

Kemudian ditambah lagi dengan bintang tamu yaitu : 
1. Ibu Waljinah (Solo)
2. Ibu Sunyahni (Sragen)
3. Bp. Kirun (Madiun)

Adegan perang dibawakan oleh : Bayu Aji Pamungkas (11 tahun) dimana saat itu mulai sering tampil mendampingi sang ayah dengan keunggulannya yang terkenal dalam sabetan perang. Nama Bayu Aji Pamungkas saat itu sudah mulai terkenal secara nasional (maksudnya nasional dalam wilayah wayang kulit).

Adegan Goro-goro dibawakan oleh : Ki Warseno Slenk, seperti diketahui bahwa dalang muda ini terkenal dengan gayanya yang ceplas ceplos dan blak-blakan sehingga tidak heran dalam video ini beberapa kali Ki Warseno melontarkan kata-kata "rusuh" tapi enak saja didengarnya... :)

Monggo dipun pirsani piyambak, penjenengan saged mirsani langsung utawi download wonten ing ngriki : http://www.youtube.com/watch?v=7i4zVFcMckE
Semoga artikel Video Wayang Kulit Dengan 3 Dalang bisa menambah wawasan bagi sobat mbudayajawa yang mampir kesini, kalau sobat mbudaya jawa mempunyai cerita tentang tradisi, kesenian, budaya yang terdapat di daerah sobat mbudayajawa bisa langsung di kirimkan ke mengenalbudayajawa@gmail.com

Jangan lupa klik tombol di bawah ini untuk share ke teman-teman dan bersama kita lestarikan budaya kita sendiri agar tidak hilang oleh jaman.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter